Multimedia berasal dari kata
multi (Bahasa Latin, Nouns) yang artinya banyak atau bermacam – macam.
Sedangkan Medium (Bahasa Latin) yang artinya sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan atau memperlihatkan sesuatu. Multimedia adalah interaksi manusia
terhadap komputer dalam penyajian kumpulan teks yang bervariasi, penggabungan
audio, penambahan animasi gambar, Grafik, Penjalanan video yang
dipermudah penggunaanya melalui alat bantu dan koneksi yang dapat
melakukam navigasi, interaksi, karya, dan Komunikasi. Penggunaan
multimedia sangat erat dibidang informatika, game, pembuatan website, hingga
digunakaan untuk mempercantik presentasi didalam dunia bisnis ataupun
pendidikan.
Kata
medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan
sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan
Alphone).
Beberapa
definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
1.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat
berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban
dkk, 2002)
2.
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3.
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.
4.
Multimedia sebagai perpaduan antara
teks, grafik, sound, animasi, dan video
untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
5.
Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video,
dan interaksi (Zeembry, 2008)
6.
Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan
menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Berdasarkan
pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan
perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor
atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas
menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada
publik.
Pemanfaatan
multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film,
medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll.
Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut,
maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Ada
enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif, yaitu :
(1)
Kriteria pertama adalah kemudahan navigasi,
(2)
Kriteria kedua adalah kandungan kognisi.
(3)
Kriteria ketiga adalah presentasi informasi,
(4)
Kriteria keempat adalah integrasi media,
(5)
Kriteria kelima adalah artistik dan estetika dan
(6)
Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan.
Multimedia
interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: teks,
grafik, audio, animasi dan interaktivitas.
a.
Teks
Teks
adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa
lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh:
Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu
teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks
dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu
huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu
huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b.
Grafik
Grafik
adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan
melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat
kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan
(reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan
adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti
gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki- laki
dan perempuan.
Grafik
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu
foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan
size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar
bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan
size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c.
Audio
Audio
atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh:
narasi, lagu, sound effect, back sound.
e.
Animasi
Animasi adalah gambar
bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup,
benda mati, ataupun tulisan
d.
Interaktivitas
Interaktivitas
bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program
multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu
program multimedia
sehingga
program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi
pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human
factor design.
Interaktivitas
dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non
linear. Struktur linear menyediakan satu
pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari
berbagai macam pilihan kepada pengguna. Green
& Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan
dalam menyajikan multimedia, yaitu:
a. Berbasis kertas (Paper-based), contoh:
buku, majalah, brosur.
b. Berbasis cahaya (Light-based), contoh:
slide shows, transparasi.
c. Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD
Players, tape recorder, radio. d. Berbasis gambar bergerak
(Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
e. Berbasiskan digital (Digitally-based),
contoh: komputer.
Multimedia Interaktif adalah
Suatu media yang sangat kompleks
dengan penggabungan dari beberapa unsure media seperti teks, grafik, audio, animasi dan interaktivitas secara berkala sehingga menjadi suatu kumpulan yang menarik dan dapat mengalihkan perhatian masyarakat untuk melihatnya.
dengan penggabungan dari beberapa unsure media seperti teks, grafik, audio, animasi dan interaktivitas secara berkala sehingga menjadi suatu kumpulan yang menarik dan dapat mengalihkan perhatian masyarakat untuk melihatnya.
Penggunaan Multimedia interkatif
sangatlah bermanfaat di dunia kerja dan juga didunia pendidikan. Multimedia Interaktif dapat mempercantik penyajian presentasi dalam sebuah bisnis tidak hanya itu untuk pengenalan profil atau melamar kerja kiita juga dapat menggunakannya. Dibidang pendidikan, para guru dapat menarik perhatian para muridnya dengan perpaduan pembelajaran
yang di padukan dengan multimedia interaktif dengan memperbanyak animasi sehingga dapat menarik perhatian murid-muridnya.
0 Komentar