TEORI WARNA DALAM SENI RUPA

Warna salah satu unsur desain yang dapat menarik perhatian, meningkatkan mood, menggambarkan citra, dan lainnnya. Namun, apabila kita salah memilih warna, hal tersebut akan menghilangkan minat. Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.

A. PENGELOMPOKKAN WARNA
Pengelompokan warna berdasarkan pigmen (zat warna yang larut dalam cairan pelarut air atau minyak), ada beberapa kelompok warna, yaitu :
warna-primer-sekunder-tertier

W A R N A  P R I M E R
Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna - warna dasar atau pokok yang menjadi induk yang murni berdiri sendiri tanpa campuran warna lain. Ini kemudian dikenal sebagai warna pigmen primer yang dipakai dalam dunia seni rupa. Warna primer sendiri terdiri dari tiga warna yaitu, merah, kuning dan biru.

      W A R N A  S E K U N D E R
Warna ini disebut juga dengan istilah warna kedua, yang merupakan turunan warna hasil pencampuran antara warna-warna primer, dengan perbandingan 1:1. Contohnya seperti ini :
Merah + Kuning = Orange
Merah + Biru = Ungu
Kuning + Biru = Hijau

    W A R N A  T E R T I E R
Warna tertier adalah warna yang terjadi apabila dua warna sekunder dicampur. Warna ini juga disebut dengan istilah warna ketiga.
      a.  Tertier biru adalah hasil pencampuran ungu dengan hijau.
      b. Tertier merah adalah hasil pencampuran orange dengan ungu.
      c. Tertier kuning adalah hasil pencampuran hijau dengan orange.

    W A R N A  K W A R T E R
Warna kwarter adalah warna yang dihasilkan oleh pencampuran dua warna tertier.
a.     Kwarter hijau terjadi karena percampuran tertier biru dengan tertier kuning.
b.     Kwarter orange terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier kuning.
c.      Kwarter ungu terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier biru.

    W A R N A  I N T E R M E D I A T E
Warna Intermediate yaitu warna antara, hasil pencampuran antara warna primer dan sekunder
            Kuning + Hijau = Kuning hijau
            Kuning + Orange = Kuning  orange
            Biru + hijau = Biru hijau
            Biru + Ungu = Biru ungu
            Merah + Ungu = Merah ungu
            Merah + Orange = Merah orange

B. LINGKARAN WARNA
lingkaran-warna

Lingkaran warna yaitu lingkaran yang terdiri dari atas warna primer yaitu warna merah,biru dan kuning dan warna primer ini bisa diturunkan menjadi beberapa warna sekunder, yang didapat dengan mencampurkan warna-warna primer.  

C. SIFAT WARNA
diagram-warna-panas-dan-dingin

a. Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.

b. Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.

D. KOMBINASI WARNA

A. W A R N A  S E L A R A S
    Warna selaras adalah kombinasi warna yang berdekatan .
a.      Keselarasan warna monokhromatik yaitu susunan warna yang berasal dari satu warna dengan value yang berbeda, karena ditambah warna putih (tint) maupun ditambah warna hitam (shade).
b.     Keselarasan Analogus /polikhromatik, yaitu susunan warna yang berasal dari banyak warna, yang berdekatan letaknya dalam lingkaran warna. Seperti Kuning, Kuning hijau, Hijau, Hijau biru dan biru.

B.  W A R N A  N E T R A L
Warna Netral adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.

C.  W A R N A  K O M P L E M E N T E R
Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.

E.  DIMENSI WARNA
Dimensi pada warna dapat mempengaruhi efek ruang dan volume, misalnya ruangan akan terasa luas bila di cat dengan warna terang atau cerah, dan sebaliknya. Seseorang akan tampak lebih langsing bila memakai warna gelap, dan sebaliknya. Itu disebabkan karena warna cerah memantulkan cahaya, sedangkan  warna gelap menyerap cahaya.

dimensi-warna

      a. Hue
            Hue menunjukkan nama warna spt merah, kuning, biru, ungu dll.
      b. Value
Value menunjukkan nada (berat-ringan) warna atau kecerahan suatu warna. Nilai warna akan bertambah atau terang bila dicampur dengan putih (tint). Nilai warna akan berkurang atau gelap bila dicampur hitam (shade).
      c. Chroma
Chroma menunjukkan kemurnian dan kecemerlangan warna. Warna yang murni (tidak tercampur warna lain) akan tampak cemerlang dan jernih, sedangkan bila tercampur maka akan tampak redup.

F. KOMBINASI WARNA KONTRAS

kombinasi-warna-kontras

A.  W A R N A  K O N T R A S  K O M P L E M E N T E R
Warna Kontras komplementer adalah dua warna yang saling berseberangan dalam lingkaran warna.
B. W A R N A  S P L I T  K O M P L E M E N T E R
Warna Split Komplementer yaitu kombinasi warna yang terletak pada semua titik yang membentuk huruf Y pada lingkaran warna.
C . W A R N A  D O U B L E  K O M P L E M E N T E R
Warna Double Komplementer yaitu kombinasi sepasang warna yang berdampingan dengan sepasang komplementernya.
D. W A R N A  T R I A D  K O M P L E M E N T E R
Warna Triad Komplementer yaitu kombinasi sepasang warna yang berdampingan dengan sepasang komplementernya.
E. W A R N A  T E T R A D  K O M P L E M E N T E R
Warna Tetrad Komplementer yaitu kombinasi warna yang membentuk segi empat dalam lingkaran warna.

G. WARNA RGB DAN CMYK

warna-rgb-dan-cmyk

RGB singkatan dari Red, Green, Blue. Merupakan warna pencahayaan, prinsip warna RGB digunakan untuk media elektronik spt televise, monitor computer, dan juga scanner.
CMYK singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK. Warna ini adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (subtractive color) dan umumnya digunakan dalam percetakan atau printing.

Posting Komentar

0 Komentar