KREATIFITAS SENIMAN BERLANDASKAN BUDAYA




     Seni sebagai ungkapan ekpresi manusia yang berangkat dari pengalaman pribadi dan realitas sosial. Pengalaman pribadi yang mendasar dan melekat adalah tradisi atau kebiasaan sehari-hari. Sedangkan realitas sosial terbagi dua yaitu realitas sekarang dan kejadian masa lalu (tradisi budaya). ide seorang seniman tidak pernah lepas dari kebudayaan, kehidupan sosial, dan pengalaman pribadi.
   Manusia sebagi pencipta seni tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan, begitu juga dengan kebudayaan merupakan hacil cipta dan karsa manusia. Meskipun manusia mati budaya akan tetap apabila diwariskan kepada ketuturunannya. Salah satu tempat pewarisan budaya adalah melalui seni. baik pengangkatan dalam kontek tradisi, atau dalam konteks modern akan tetapi budaya tradisi tetap sebagai ide dan konsep penciptaan.

Ada beberapa unsur budaya yang dapat dijadikan sebagai landasan ide penciptaan karya seni.

1. Kehidupan sosial: Sarya seni dalam kontek sosial masa lalu, akan lebih cepat dipahami oleh penikmat seni. karena penikmat seolah-olah merasakan apa yang wujudkan oleh seniman. sehingga komunikasi seniman sampai kepada penikmatnya.

2. Religi/kepercayaan: Salah satu bagian terpenting dari budaya adalah kepercayaan. Karena dapat mempengeruhi seluruh sistem budaya. Karya seni dalam konteks religi akan mengingatkan pengkarya dan penikmat seni kepada penciptanya

3. Nilai moral: salah satu unsur budaya ini apabila dijadikan sebagai ide, karya seni akan memberi nasehat dan amanat kepada masyarakat.

4. Adat istiadat: pada zaman globalisasi ini adat sudah mulai punah, masyarakat sudah mengalami perubahan budaya disebabkan masuknya budaya asing. Karya seni yang mampu mempebaiki adat istiadat di lahirkan dalam bentuk simbol-simbol.

5. Sistem pemerintahan: sebagai unsur budaya yang selalu mengikuti perkembagan zaman. Karya seni dalam kontek sistem pemerintahan akan memberikan keritikan kepada para pemimpin bangsa.

Itulah beberapa unsur kebudayaan yang dapat dijadikan sebagai landasan ide untuk mewujukan karya seni. Seniman menciptakan karya berangkat dari konsep tradisi kebudayaan secara tidak disadari seorang seniman telah mengabdi kepada masyarakat. Hal ini tentu melalui karya seni telah membangkitkan kembali nilai budaya tradisi yang sudah mulai punah. Ide penciptaan dalam konteks budaya yang diterapkan dalam karya seni tersebut menjadi lebih tinggi nilainya daripada karya biasa. Tingginya nilai budaya sebuah karya akan menggambarkan pengetahuan pengkaryanya. Dengan demikian karya seni akan mampu menembus pasar global dan dunia industri kreatif.


Posting Komentar

0 Komentar