FUNGSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL





      1.     SARANA IDENTIFIKASI

Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Identifikasi, desain komunikasi visual bertujuan untuk memberi identitas pada perorangan, produk maupun perusahaan sehingga mampu menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, dimana, dan bagaimana hal yang dimaksudkan tersebut. Identitas dapat mencerminkan kualitas ataupun karakteristik dari yang mempunyai. Sebagai contoh adalah penggunaan logo atau corporate identity yang dipergunakan untuk membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. 

      2.     SARANA INFORMASI

Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Informasi dan Instruksi Sebagai sebuah sarana informasi dan instruksi karya Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam hal ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan antara suatu hal yang ada dengan hal yang lainnya, yang fungsi akhirnya berkaitan dengan petunjuk, arah, posisi, dan skala, contoh: peta, diagram, simbol dan penunjuk arah.  Informasi yang disampaikan akan sangat berguna jika dikomunikasikan kepada orang dalam waktu dan tempat yang tepat, dalam bentuk yang dapat dimengerti dan dipresentasikan secara logis dan konsisten, mengikuti aturan baku yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga karya desain komunikasi visual tersebut nantinya bersifat universal (dapat dimengerti oleh semua orang). 

      3.     SARANA PRESENTASI DAN PROMOSI

Desain Komunikasi Visual Sebagai bagian dari sarana presentasi dan promosi karya desain komunikasi visual lebih bertujuan sebagai penyampai pesan. Dimana pesan tersebut haruslah diolah sehingga mendapat perhatian dari mata (secara visual) dan akan membuat pesan tersebut dapat diingat selama mungkin. Oleh karenanya tampilan visual yang digunakan harus bersifat persuasif dan menarik. Contohnya adalah poster, brosur, billboard dan lain- lain. Dalam media tersebut perlu adanya pembatasan gambar dan tulisan, teks yang ada harus mempunyai satu makna dan mengesankan. Tujuan akhir daripada karya ini adalah untuk merangsang sasaran yaitu konsumen agar melakukan pembelian terhadap produk yang diiklankan.

Posting Komentar

0 Komentar