FUNGSI WARNA DALAM DESAIN GRAFIS




Dalam dunia digital ini yang semakin berkembang dengan pesat, kehadiran warna sangatlah penting dalam desain grafis. Warna akan selalu membuat apapun yang ada di dalam Desain Grafis akan tampil lebih menarik, menawan, memukau, inilah mengapa kehadiran warna tidak boleh diremehkan.
Saat ini sangatlah banyak berbagai macam jenis warna mulai dari warna yang cerah seperti hijau, merah dan biru hingga monochrome yaitu putih dan hitam.
Warna bukanlah sebuah pemanis saja, tetapi dalam dunia Desain Grafis dan jasa desain logo merupakan hal krusial yang mendukung indah atau tidaknya suatu grafis. Berikut peranan warna dalam seni Desain Grafis yang perlu Anda ketahui.
1. Fungsi Alamiah
Warna adalah benda tertentu yang merupakan penggambaran sifat obyek secara nyata. Atau warna mampu menciptakan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh, warna biru untuk langit, dan warna hijau untuk daun, langit dan lain sebagainya.
2. Fungsi Struktural
Dalam desain grafis, warna dapat berfungsi mengarahkan pembaca pada informasi yang sifatnya penting. Informasi itu diurutkan secara struktural berdasarkan tingkat kepentingan, yaitu mulai dari informasi yang paling penting hingga informasi yang kurang penting. Selain itu, warna dapat memisahkan antara informasi satu dengan informasi lainnya agar tidak tumpang tindih.
3. Fungsi Psikologis
Dari sudut pandang kejiwaan warna bisa dikaitkan dengan karakter-karakter manusia. Orang yang mempunyai karakter introvert cenderung lebih senang dengan warna-warna yang cerah. Karena tipe orang seperti ini biasanya terbuka, lebih memandang ke luar daripada kedalam diri sendiri.
4. Fungsi Identitas
Warna memiliki peran penting juga untuk mempermudah orang agar mengenali identitas suatu kelompok, komunitas, perusahaan, bahkan suatu organisasi.
Sebagai contoh, warna hijau dominan banyak digunakan untuk organisasi atau suatu perkumpulan kelompok keagamaan di Indonesia. Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu tujuan organisasi hanya dari warnanya saja.
5. Fungsi Isyarat dan Komunikasi
Inilah fungsi lainnya dari sebuah warna. Warna sebagai media berkomunikasi juga sering kita jumpai di lampu lalu lintas, dimana lampu lalu lintas tersebut memberikan kita isyarat dengan warna hijau berarti jalan, kuning berarti bersiap dan merah berarti berhenti. Dengan adanya warna inilah isyarat sebuah perintah bisa tersampaikan dengan mudah.
6. Fungsi Pembeda
Kegunaan warna lain yaitu dapat membedakan antara satu hal dengan hal lainnya. Sebagai contoh yang sering kita lihat yaitu dalam pertandingan olahraga. Misalnya, tim Juventus menggunakan seragam yang dominan bergaris hitam dan putih sementara tim AC Milan memakai seragam bergaris hitam dan merah.
7. Fungsi Pembentuk Obyek / Keindahan
Keberadaan warna sangatlah membantu di kehidupan kita, karena dengan adanya warna kita dapat melihat dan mengenali suatu benda. Contohnya apabila kita meletakan benda di tempat yang sangat gelap, mata kita tidak mampu mendeteksi obyek tersebut dengan jelas.
Warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya dari aspek keindahan saja, namun juga sebagai elemen yang membentuk diferensial atau perbedaan antara obyek satu dengan obyek yang lainnya.
Warna, apapun pilihannya dapat menciptakan keindahan yang dapat mempercantik banyak hal. Misal, ruangan dinding rumah anda terlihat kusam dan itu mencerminkan selera sobat? Kenapa tidak mencatnya dengan warna kesukaan, tentu itu menjadi satu hal yang menarik untuk dilakukan.
Itulah fungsi dari warna dalam grafis. Perlu diketahui bahwa warna bukan hanya pemanis semata tetapi juga sebagai hal yang krusial dalam kehidupan. 

Posting Komentar

0 Komentar