UNSUR - UNSUR DALAM DESAIN


unsur-unsur-dalam-desain

Apa saja unsur unsur desain itu ??

Seorang desainer grafis harus memahami unsur – unsur pembentuk desain, agar dapat mengeksekusi desain yang menarik dengan konsep yang rapi serta mampu menggiring audiens untuk menikmati karya desain anda. Lalu, apa sajakah unsur – unsur desain itu?
          

             1.   Titik



titik


Titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Bentuk titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah. Titik merupakan salah satu unsur visual yang wujudnya relatif kecil, dimana dimensi memanjang dan melebarnya dianggap tidak berarti. Titik cenderung ditampilkan dalam bentuk kelompok, dengan variasi jumlah, susunan, dan kepadatan tertentu.
Sebesar apapun bentuknya tetaplah disebut titik asalkan bentuk itu merupakan hasil sentuhan tanpa pergeseran dari suatu alat tulis.
baca selengkapnya : Unsur pada desain (titik)

  2.  Garis

Garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis merupakan salah satu unsur desain  yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain.

garis


Menurut Suwaji Bastomi : Garis merupakan susunan urat syaraf (nervous system) untuk suatu pekerjaan seni rupa.

Dan garis juga memiliki bentuk, adapula berbagai macam bentuk garis, seperti lurus, lengkung, putus-putus, zig-zag, meliuk-liuk, bahkan tidak beraturan. Masing-masing memiliki pencitraan yang berbeda. Baca selengkapnya pembahasan garis pada unsur desain.

 3. Bentuk

Bentuk adalah segala sesuatu yang memiliki diameter, tinggi dan lebar. Bentuk-bentuk dasar yang pada umumnya dikenal adalah :

shape-kotak-segitiga-lingkaran
            4. Tekstur

Tekstur  adalah nilai raba atau halus-kasarnya  suatu permukaan benda. Atau  tekstur juga bisa didefiiniskan tampilan permukaan atau corak dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

tekstur-permukaan-kulit-kayu-dan-permukaan-kaca

Tekstur dalam konteks desain komunikasi visual lebih cenderung pada tekstur semu, yaitu kesan visual dari suatu bidang. Penggunaan tekstur pada desain, akan menambah pengalaman dan menjadi nilai lebih daripada sekedar estetik.

             5.  Ukuran

Ukuran dapat diartikan sebagai perbedaan suatu objek. Dengan menggunakan ukuran, dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada objek desain yang hendak dibuat. Pemilihan ukuran visual dalam membuat desain diperlukan agar dapat memperhatikan bagian mana yang Dominan untuk diperhatikan.

           6.  Warna
warna

Warna merupakan unsur penting dalam objek desain. Dengan warna, dapat menampilkan identitas atau citra yang ingin disampaikan. Warna salah satu unsur desain yang dapat menarik perhatian, meningkatkan mood, menggambarkan citra, dan lainnnya.

Namun, apabila kita salah memilih warna, hal tersebut akan menghilangkan minat untuk membaca. Karena Warna pada bidang background sangat mempengaruhi warna pada foreground.


Nah, itulah unsur- unsur dari desain, dalam dunia Desain Komunikasi Visual memang banyak kaedah - kaedah yang harus diperhatikan dalam penyampaian pesan. Agar tidak terjadi kesalahpahaman pada membuat sebuah desain. Supaya tidak menghasilkan desain yang hanya sekedar asal - asalan. Demi mengutamakan kelayakan karya yang menarik dan berkualitas. 

Demikian pembahasan mengenai unsur - unsur desain. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share serta komentar dan membaca artikel lainnnya.

Posting Komentar

2 Komentar